Sejarah Game Gran Turismo: Game Simulasi Wahid Number Racing

Gran Turismo sangat populer di kalangan gamer kelahiran tahun 90-an, terutama yang doyan main PlayStation pertama kali. Sejak pertama kali dirilis, Gran Turismo bisa dibilang merupakan game balap mobil yang sangat populer di masanya, karena game ini menghadirkan grafis yang cukup revolusioner. Apalagi sebelum itu game simulasi balapan seperti Forza, Grid, dan sejenisnya, game balapan eksklusif PlayStation ini menghadirkan game balapan simulasi yang sangat realistis.

Selain itu, mobil yang tersedia dalam game ini semuanya dilisensikan secara resmi oleh pabrikan tersebut. Game ini juga bisa dikatakan sebagai game balapan yang sangat ambisius. Pada artikel kali ini kalian akan membahas tentang game balap mobil legendaris yang masih rilis dan seri terbarunya masih dinantikan oleh para penggemarnya. Penasaran dengan sejarah game balapan eksklusif PlayStation satu ini? Jangan lewatkan artikel yang satu ini.

Gran Turismo

Pada tahun 1997, seorang desainer game balap bernama Kazunori Yamauchi dan timnya merilis sebuah game balap revolusioner yang pekerjaan awalnya dimulai pada tahun 1992.

Game ini membutuhkan waktu 5 tahun untuk menyelesaikannya, karena desainer game asal Jepang tersebut menyatakan bahwa sangat sulit untuk membuat sebuah game bernama Gran Turismo. Tidak hanya grafisnya saja yang sangat bagus, game yang satu ini memiliki gameplay yang juga baru pada masanya. Pemain harus bersaing dengan pesaing yang telah dirancang dengan AI atau Artificial Intelligent (kecerdasan buatan).

Game ini memiliki dua mode yaitu Arcade Mode dan Simulation Mode (atau dalam versi Jepang atau PAL disebut Mode Gran Turismo). Dalam mode simulasi, pemain membutuhkan SIM atau SIM untuk memasuki pertandingan. Dalam pertandingan tersebut, Anda akan mendapatkan uang, piala, dan hadiah mobil jika memenangkan pertandingan. Di game pertama ini, Anda akan menemukan 140 mobil dan 11 sirkuit.

Gran Turismo 2

Setelah sukses dengan prekuelnya, studio yang dipimpin oleh Kazunori Yamauchi bernama Polyphony Digital akhirnya melanjutkan game balap tersebut dan dirilis oleh Sony 2 tahun setelah peluncuran seri pertamanya.

Pada dasarnya game balap prekuel eksklusif Sony Playstation ini memiliki gameplay yang tidak jauh berbeda jika dibandingkan dengan pendahulunya. Lantas, apa perbedaan Gran Turismo 1 dengan yang kedua? Tentunya game ini memiliki perkembangan yang cukup signifikan.

Tentunya menghadirkan lebih banyak mobil balap berlisensi dibandingkan game sebelumnya. Yang luar biasa dari game ini adalah penjualannya yang mencapai 1,71 juta kopi di Jepang, 20.000 di Asia Tenggara, 3,96 juta di Amerika Utara, dan 3,68 juta di Eropa.

Gran Turismo 3 A-spec

Karena kedua versi yang dirilis di PSX ini laris, Sony dan Polyphony Digital akhirnya melanjutkan game simulasi balapan mereka ke konsol Playstation generasi kedua. Karena PlayStation 2 dirancang menggunakan teknologi yang lebih canggih, sekuel ketiga ini juga memiliki grafik yang jauh lebih baik dan lebih realistis.

Baca:  Metal Gear Solid: Peace Walker, Jadi Seri MGS Terbaik?

Gran Turismo

Aspek gimnya juga tidak ada perbedaan. Anda masih bisa memainkan mode simulasi dan mode arcade. Game ketiga ini juga hadir dengan mobil baru yang sedang populer saat itu. Setelah game ini dirilis, Sony dan Polyphony Digital merilis Gran Turismo Concept yang menjadi jembatan keluarnya seri keempat.

Gran Turismo 4

Masih di konsol yang sama, Sony Computer Entertainment dan Polyphony Digital merilis seri keempat mereka. Ada mode baru yang ditawarkan di seri keempat, yakni Mode A-spec dan Mode B-spec.

Dalam mode A-spec, yang mengharuskan Anda memenangkan balapan sebagai orang pertama dengan mengumpulkan poin. Untuk mode B-spec, Anda akan bermain sebagai kru di pit stop yang memberi tahu pengendara cara mereka berkendara. Game ini juga memungkinkan pemain untuk bermain dengan resolusi FHD untuk visual yang lebih tajam.

Gran Turismo 5

Pada 24 November 2010, seri kelima game balap PlayStation eksklusif dirilis di PlayStation 3. Tentunya dengan grafis yang jauh lebih bagus dan realistis.

Gran Turismo

Gran Turismo 5 merupakan seri pertama yang menghadirkan tampilan mobil yang mengalami kerusakan saat tertabrak ataupun tertabrak, baik itu mobil standar maupun premium. Selain itu, angsuran kelima dari game ini adalah efek cuaca yang berpengaruh dengan sirkuit. Ada juga fitur menarik yang ditawarkan di seri kelima ini, yaitu balapan karting.

GT: 6

Game seri keenam besutan Polyphony Digital dan Sony Computer Entertainment ini masih dirilis untuk PlayStation 3. Sepertinya sudah menjadi kewajiban dan tradisi bahwa setiap konsol harus memiliki minimal 2 judul Gran Turismo.

Gran Turismo

Seri keenam ini bekerja sama dengan Ayrton Senna Institute, yang merupakan organisasi LSM yang membantu menciptakan peluang pembangunan manusia di Brasil. Organisasi ini dibentuk oleh keluarga salah satu legenda balap dunia, Ayrton Senna. Selain itu, game ini juga menyediakan konten yang bisa diunduh di PlayStation Store.

GT: Olahraga

Seri terakhir adalah Gran Turismo Sport yang dirilis di PlayStation 4. Jika dimainkan di PlayStation 4 Pro, game ini dapat dimainkan dengan resolusi Full HD dan 60 FPS sehingga visual yang ditampilkan lebih realistis.

Gran Turismo

Seri yang dibuat untuk PS4 ini hadir dengan mode baru yaitu Sport Mode. Dalam mode ini pengemudi terdaftar di Driver Rating dan juga Sportmanship Rating. Tak hanya itu, game ini menawarkan banyak mobil berlisensi baru yang bisa Anda gunakan saat balapan.

Posting Sejarah Game Gran Turismo: Game Simulasi Balapan Nomor Wahid muncul pertama kali di Friend Games.