5 Perbedaan antara HDD dan SSD untuk PC dan Laptop Gaming

Perbedaan antara HDD dan SSD – HDD atau Hard Disk Drive merupakan perangkat media penyimpanan yang biasa digunakan di PC atau laptop. HDD digunakan untuk menyimpan data sistem operasi, aplikasi dan data lain seperti musik, foto dan dokumen. Namun seiring dengan perkembangan jaman, posisi HDD sebagai media penyimpanan mulai tergantikan oleh SSD (Solid State Drive). SSD merupakan hasil pengembangan dari HDD.

perbedaan hdd dan kekurangan SSD

Dibandingkan HDD, media penyimpanan SSD memiliki banyak keunggulan. Namun, SSD juga masih memiliki beberapa kekurangan yang hanya dapat ditanggung oleh HDD. Karena HDD dan SSD memiliki kelebihan dan kekurangan yang menutupi satu sama lain, maka tidak jarang beberapa PC dan laptop gaming menggabungkan keduanya untuk bekerja secara bersamaan.

Bagi anda yang masih bingung tentang perbedaan HDD dan SSD akan membahasnya sebagai berikut:

1. Ukuran dan Kapasitas HDD vs SSD

Di dalam HDD terdapat banyak komponen, seperti: platter, head, dan lain sebagainya. Sedangkan SSD hanya memiliki chip memori flash dan papan PCB. Karena jumlah komponen pada HDD yang lebih banyak tentunya akan berpengaruh pada bobotnya. Sementara itu, karena SSD hanya berisi potongan memori flash, ukuran dan berat SSD bisa semakin menyusut sesuai dengan perkembangan zaman.

perbedaan antara komponen hdd dan ssd

SSD lebih ideal digunakan pada laptop modern yang ukurannya semakin tipis dan ringan. Bayangkan jika laptop tipis yang menggunakan HDD tidak muat dan terasa berat. Meski lebih kecil dan ringan, kapasitas SSD lebih kecil dari HDD. Kapasitas SSD terbesar saat ini hanya sampai 1 TB. Sedangkan kapasitas HDD terbesar saat ini mencapai 15 TB.

2. Bagaimana HDD dan SSD Bekerja

Perbedaan terbesar antara HDD dan SSD adalah cara kerjanya. HDD menggunakan piringan, motor, dan head yang digunakan untuk menulis dan membaca data. Saat akan menyimpan dan membaca data, disc akan diputar dan ujung head berfungsi menghubungkan komponen elektronik untuk mengolah data yang bersifat elektrik. Secara umum proses penyimpanan data pada HDD merupakan gabungan antara proses mekanis dan elektrikal.

perbedaan antara hdd dan ssd cara kerjanya

Sementara itu, SSD tidak memiliki komponen mekanis yang bergerak. Untuk menyimpan data, SSD menggunakan IC atau Sirkuit Terpadu, microchip, dan komponen kelistrikan lainnya. Semua proses penyimpanan data hanya melalui proses kelistrikan yang sama seperti flash dan RAM.

3. Perbedaan kecepatan antara SSD dan HDD

Perbedaan kecepatan antara HDD dan SSD sangat berbeda. Kecepatan SSD bisa 8 hingga 10 kali lebih cepat dari HDD. Mengapa SSD lebih cepat? Karena untuk menyimpan data, HDD harus memutar piringan terlebih dahulu lalu membaca datanya. Sedangkan SSD hanya mengandalkan flash memory sehingga proses membaca dan menulis data bisa berlangsung lebih cepat.

Baca:  Review Laptop Gaming Gigabyte AERO 15: Laptop Kompak Ala "Sultan"

perbedaan hdd dan kelebihan SSD

Perbandingan kecepatan HDD dan SSD juga mempengaruhi kinerja PC dan laptop. Jika menggunakan SSD, proses booting OS akan terasa lebih cepat, aplikasi lebih responsif, dan waktu penyimpanan data bisa lebih singkat.

4. Diperlukan atau tidaknya fragmentasi

Fragmentasi adalah proses menyebarkan file yang disimpan saat HDD mulai terisi. Fragmentasi sendiri dapat menurunkan kinerja HDD. Hasil dari fragmentasi adalah membuat HDD terasa lebih lambat dan proses penyimpanan dan pembacaan data sering mengalami error. Untuk menangani fragmentasi, Anda harus melakukan defrag pada komputer Anda. Sedangkan SSD tidak perlu didefragmentasi karena tidak terjadi fragmentasi pada media penyimpanan berbasis flash memory.

5. Perbedaan harga HDD dan SSD

Perbedaan paling mencolok antara HDD dan SSD adalah harganya. Harga SSD selalu lebih mahal dari HDD. Perbandingan harganya pun lumayan jauh, bahkan 4 sampai 5 kali lipatnya. SSD dengan kapasitas 1 TB lebih mahal dari HDD 1 TB.

Misalnya harga HDD Seagate Barracuda terbaru berkapasitas 1TB adalah Rp 720.000. Sedangkan harga SSD Seagate Barracuda berkapasitas 1TB adalah Rp2.900.000. Jadi bisa dibayangkan, untuk membeli satu SSD, Anda bisa mendapatkan 4 HDD.

Pilih SSD atau HDD untuk Gaming?

Harga HDD lebih murah dari SSD. Oleh karena itu, kebanyakan PC gaming atau laptop murah biasanya hanya dilengkapi dengan HDD. Sementara itu, PC dan laptop gaming kelas atas biasanya menggunakan HDD dan SSD di satu tempat. Sistem operasi dan file aplikasi disimpan di SSD sehingga respon sistem lebih cepat. Sedangkan file berukuran besar yang tidak terlalu penting seperti foto, video, dan musik disimpan di HDD.

perbedaan antara hdd dan ssd sshd

PC gaming dan laptop kelas menengah biasanya hanya menggunakan SSD atau HDD saja. Baru-baru ini, produsen memori mulai berinovasi menggunakan SSHD (Solid State Hybrid Drive). SSHD merupakan media penyimpanan HDD yang dilengkapi dengan chip memori flash SSD sehingga kinerjanya bisa lebih cepat dari HDD, namun harganya tidak semahal SSD. Selain itu, Intel juga menciptakan Intel Optane yang dapat meningkatkan kecepatan HDD. Baca: Tips Memilih Laptop Gaming.

Posting 5 Perbedaan antara HDD dan SSD untuk PC dan Laptop Gaming muncul pertama kali di Friend Games.