12 Game RPG Android yang Harus Kamu Mainkan!

Eternium Mage and Minions

RPG alias role playing game merupakan salah satu genre permainan yang boleh jadi merupakan yang paling populer saat ini. Karena memang penggemarnya saja sudah mencapai jumlah jutaan di seluruh dunia.

Tidak heran dimanapun platformnya, maka selalu ada pengembang yang membuat game dengan genre RPG ini. Terlepas dari tema ataupun latar belakang RPG yang mereka buat di masing-masing platform tersebut.

Tidak terkecuali pula dengan platform Android. Seolah tidak mau kalah dengan konsol dan para pejuang PC, banyak pengembang yang bermain dengan cara membuat game RPG Android terbaik mereka masing-masing. Tujuannya? Apa lagi kalau bukan untuk bisnis, karena jelas-jelas pengguna Android sudah terlalu banyak di muka bumi.

Tanpa panjang lebar lagi, berikut pilihan game RPG terbaik yang bisa kamu mainkan sekarang di Android!


1. Eternium: Mage and Minions

Eternium Mage and Minions

Eternium: Mage and Minions merupakan salah satu game RPG 3D free to play alias gratis yang bisa kamu mainkan saat ini. Ada beberapa daya tarik khusus yang membuat kami berani memasukkan game ini ke dalam daftar RPG Android terbaik.

Alasan pertama adalah fitur fast paced combat yang tentunya bisa membunuh kejenuhan di dalam bermain, sistem crafting yang juga memberikan kamu kebebasan yang cukup luas sehingga lagi-lagi bisa meminimalisasi kejenuhan pemain.

Alasan lainnya adalah kontrol layar sentuh yang menurut kami cukup intuitif dimana kamu cukup menekan symbol-simbol yang terdapat di layar. Lupakan tombol joystick yang ribet, dan dengan bermain game ini kami jamin kamu akan bisa bermanuver dengan mudah!

Dari jalan ceritanya sendiri tentu tidak banyak berbeda dengan kebanyakan RPG di Android yang beredar saat ini. Namun semua fitur kunci di atas, ditambah kualitas suara dan grafik yang unik menurut kami membuat game ini layak dicoba!

Cek juga: Pilihan game RPG terbaik di PC


2. Final Fantasy Tactics: The War of The Lions

Final Fantasy Tactics The War of The Lions

Diluncurkan di tahun 2002, Final Fantasy Tactics diluncurkan oleh Square Enix sebagai salah satu game RPG terbaik yang bisa kamu mainkan. Tidak terkecuali di platform Android, rasa-rasanya ada yang kurang bila kamu tidak memainkan permainan ini.

Nah game ini sendiri memiliki subgenre tactical RPG dimana kamu bisa menainkan karakter yang ada  layaknya kamu bermain catur. Kamu bisa melangkah atau melakukan beberapa manuver untuk setiap turn yang ada.

Selain itu di dalam permainan ini, kamu juga diberikan kebebasan untuk memilih jobs alias pekerjaan, skills, stats, items, hinga mengikuti alur cerita yang tentunya menarik. Tapi memang untuk grafik sendiri tidak terlalu bisa dibanggakan.

Masalah? Tentu saja tidak. Toh permainan ini diluncurkan oleh Square Enix memang sudah lebih dari 10 tahun yang lalu. Jadi wajar saja bila grafik yang ditampilkan kurang bisa bersaing dengan game-game baru zaman sekarang.

Tapi bagi kamu yang ingin mencoba bermain RPG melalui tablet ataupun ponselmu, wah wah jangan ragu-ragu untuk memainkan game ini. Tapi hati-hati ya, bila ketagihan bisa-bisa kamu sulit mencari game yang sebaik ini lagi nantinya.


3. Baldur’s Gate: Enhanced Edition

Baldurs Gate Enhanced Edition

Nah bagi kamu yang pecinta game RPG pasti sudah tidak asing lagi dengan brang Baldur’s Gate yang memang sudah menjadi salah satu game RPG terbaik sepanjang masa. Baldur’s Gate Enhanced Edition ini sendiri bisa dibilang merupakan remake nya yang tentu harus kita bahas.

Game yang diluncurkan di tahun 2012 ini tentu masih mengadopsi sedikit-banyaknya Baldur’s Gate yang orisinil. Oleh karena itu kamu yang merindukan bermain game ini tentu saja wajib mengunduhnya.

Namun, tentu saja sesuai dengan judulnya yakni enhanced edition sang pengembang telah memberikan beberapa sentuhan tambahan mulai dari navigasi hingga fitur cross-platform yang bisa dimainkan secara multiplayer.

Selain itu ada pula satu tambahan arena yang dinamakan The Black Pits dimaa kamu bisa bermain bersama orang lain membentuk enam orang karakter yang akan berpetualang melawan musuh-musuh yang tentu semakin sulit untuk dikalahkan.

Beberapa tambahan lainnya yang ditambahkan oleh si pengembang adalah kemungkinan untuk memainkan dalam resolusi yang lebih tinggi, update terhadap sistem jurnal dan peta, serta beberapa penambahan dari banyak elemen di game Baldur’s Gate II: Shadows of Amn yang merupakan nenek moyang game ini.


4. Battleheart Legacy

Battleheart Legacy

Battleheart: Legacy merupakan salah satu sekuel dari game Battleheart yang diluncurkan pada tahun 2011, yang pada awalnya eksklusif hanya untuk pengguna iOS saja. Nah sejak sekuel pertamanya saja game ini sudah menuai banyak pujian.

Battleheart: Legacy yang dirilis di tahun 2014 merupakan game RPG Android berbasis mekanik touch based combat. Namun berbeda dengan beberapa game RPG lainnya, di dalam game ini kamu hanya akan memainkan satu karakter saja alih-alih satu party.

Kendati demikian menurut kami Battleheart tetap tidak kehilangan pesonanya, dengan kustomisasi dan pengembangan karakter yang begitu luas tentu saja. Pun kontrol yang dimilikinya, berbasis tapping and dragging serta quick bar di bagian bawah layar yang membuat permainan semakin dinamis.

Sayangnya salah satu hal yang berbeda dalam sekuel ini adalah dihilangkannya sistem kelas. Alih-alih kamu hanya diberikan pengembangan karakter secara bebas berdasarkan stat dan skill yang dipilih.

Nah tapi justru kontroversi inilah yang memicu banyak diskusi diantara reviewer. Meski seolah kehilangan ciri khas Battleheart, kebebasan inilah yang menurut kami justru menarik. Karena kamu benar-benar bisa menjadi petarung “apapun” yang kamu inginkan. Tapi di sisi lain tentu kamu harus banyak belajar dan berhati-hati dalam memilih stat dan skillset!


5. Monster Hunter Stories

Monster Hunter Stories

Monster Hunter boleh jadi merupakan salah satu franchise game yang paling sukses diantara beberapa game lainnya yang pernah dibuat oleh Capcom. Begitu pula dengan Monster Hunter Stories yang merupakan spin off yang dirilis secara khusus untuk pengguna smartphone dan Nintendo DS ini.

Berbeda dengan series Monster Hunter sebelumnya, di dalam permainan ini kamu akan menjadi seorang petualang yang “berteman” dengan banyak monster, dengan cara mencari telur di sarang-sarang mereka dan menetaskannya.

Nantinya monster yang ditetaskan bisa kamu beri nama sesukamu, bisa kamu tunggangi, dan tentu saja bisa turut serta denganmu di dalam pertarungan. Kamu pun bisa berkeliling untuk mencari monster lainnya, bertarung, mengumpulkan item, dan tentu mencari kembali telur-telur monster.

Salah satu sistem yang digunakan di dalam game ini adalah RPG turn based combat system dimana kamu akan saling bergantian dengan lawanmu untuk melakukan langkah-langkah tertentu ketika sedang bertarung.

Secara umum kamu akan dikenalkan 3 kategori yakni power speed dan technique dimana power menang melawan teknik, kecepatan menang melawan power, dan teknik menang melawan kecepatan.

Pada akhirnya sih game ini selain cocok bagi kamu yang doyan RPG, tentu cocok pula bagi kamu yang senang memutar otakmu ketika bermain. Karena sistem turn based combat system yang dimiliki memaksamu untuk berpikir.


6. Titan Quest

Titan Quest

Berawal dari game PC di tahun 2006, Titan Quest merupakan salah satu RPG dengan subgenre hack and slash action yang memiliki tempat di hati para penggemarnya sendiri. Buktinya tentu saja dengan keluarnya Titan Quest versi Android ini.

Petualangan akan di mulai di Yunani kuno dimana saat itu digambarkan banyak monster yang menguasai dunia di sana dan membuat kericuhan. Nah menariknya di dalam permainan ini kamu akan berpetualang sebagai seorang hero di kota kecil Helos.

Lebih jauh lagi kamu akan mendapatkan titah dari Leonidas yang merupakan jenderal Sparta tertinggi yang kemudian membawamu berkelana mulai dari Mesir kuno hingga ke Jalur Sutera Kuno (Silk Road) di Asia.

Sistem analog virtual digunakan di dalam permainan ini. Sehingga alih-alih melakukan tapping untuk memindahkan dan melakukan manuver tertentu, kamu akan menggunakan joystick virtual yang ada di layar untuk menggerakkan karakter sesukamu.

Salah satu kekurangan yang sering diangkat oleh para reviewer game ini adalah bahwa game ini menghabiskan cukup banyak baterai dan seringkali mengalami frame rate drop. Apalagi bila ponsel yang kamu gunakan tidak terlalu kuat, duh duh!

Baca:  Among Us 2.site Menawarkan Klaim Skin Gratis? Inilah faktanya!

7. Evoland Series: I dan II

Evoland Series I & II

Shiro Games barangkali tidak pernah menyangka kalau game Evoland buatan mereka bisa menjadi salah satu game RPG Android yang memiliki banyak sekali penggemarnya di seluruh dunia saat ini.

Kerennya, game ini nantinya akan diawali dengan tampilan grafis 2-bit yang seolah ingin mengajarkan sejarah RPG. Semakin lama seiring dengan berjalannya petualangan di dalam game, kamu akan mulai bisa mengubah grafis dari 2D menjadi 3D dan seterusnya.

Lebih jauh lagi salah satu daya tarik di dalam game ini adalah adanya 3 mode pertarungan yang bisa kamu mainkan. Mulai dari hack and slash alias langsung sikat, turn based yang biasanya kamu temukan di RPG klasik, hingga dungeon crawling yang bisa ditemukan di RPG macam Diablo.

Sebagai game casual tentu saja Evoland menurut kami layak kamu mainkan, apalagi kamu yang menyukai game yang berfilosofi. Evoland sebagaimana yang kami jelaskan di atas akan memberikan kamu pengalaman bermain game mulai dari teknologi awal hingga teknologi saat ini.

Sayangnya memang ada beberapa kritik yang perlu disampaikan disini. Diantaranya adalah, barangkali memang Shiro Games menitikberatkan permainan ini pada evolusi audiovisualnya, sehingga seolah ada beberapa aspek penting yang tidak terlalu diperhatikan.

Mulai dari kontrolnya yang biasa saja, hingga rasa jenuh yang mulai muncul bila kamu sudah “meng-unlock” tampilan 3D alias evolusi terakhir. Karena setelah itu toh permainan akan ‘begitu-begitu’ saja. Eits, tapi bukan berarti game ini tidak layak dimainkan loh ya!


8. Battle Chaser: Nightwar

Battle Chaser Nightwar

Dikembangkan oleh Airship Syndicate, Battle Chasers: Nightwar saat ini menjadi salah satu game RPG turn-based terbaik yang bisa kamu mainkan. Nah bila beberapa game sebelumnya berumur cukup tua, game ini sendiri rilis di tahun 2017.

Bermain Battle Chasers kamu akan berperan sebagai Garrison, Calibretto, Red Monika, Knolan, dan Gully. Masing-masing dari karakter ini memiliki keahlian dan atribut yang berbeda-beda yang bisa membantumu berpetualang.

Nantinya kamu harus mengeksplorasi dunia di dalam permainan ini dalam jalan cerita yang linier sambil melawan musuh dan masuk ke dalam dungeon-dungeon yang ada. Sama seperti RPG lainya, kamu harus terus bertahan hidup sambil mengumpulkan exp agar bisa berkembang.

Kelebihan yang cukup ditonjolkan di dalam permainan ini adalah alur yang menurut kami cukup menarik dan ditambahkan dengan tampilan visual yang mendukung sehingga game ini tampak menakjubkan.

Sayangnya salah satu kekurangan yang tentu menurut kami perlu disampaikan adalah kurangnya fitur-fitur yang memungkinkan karakter yang kamu gunakan berkembang. Waduh, padahal sejatinya fitur inilah yang merupakan salah satu nyawa RPG.


9. Oceanhorn: monster of Uncharted Seas

Oceanhorn monster of Uncharted Seas

Mendapat cap kloningan Zelda, kami rasa Oceanhorn tetap pantas masuk ke dalam daftar game RPG android yang bisa kamu mainkan. Meski demikian tentu saja bagi kamu yang berekspektasi game ini bakal sehebat Zelda, sepertinya kamu harus mengurungkan ekspektasi tersebut.

Namun tentu saja game ini tetap layak kamu coba untuk mainkan, berhubung tidak ada game lainnya di android yang ‘semirip’ Zelda. Sehingga apapun alasannya game ini barangkali telah sukses gambling di market android ini.

Kamu nantinya akan berperan sebagai karakter utama yang ditinggalkan oleh ayahnya. Tidak ada yang tersisa kecuali jurnal sang Ayah dan kalung sang Ibu. Dari cerita inilah kemudian nantinya berkembang petualangan di dunia Oceanhorn.

Dari segi gameplay, layaknya RPG action adventure pada umumnya. Kamu akan dipaksa untuk bereksplorasi, berbicara dengan NPC, hingga melawan musuh dan memecahkan teka-teki untuk bisa naik level secara terus menerus.

Selain itu salah satu poin penting yang ada di dalam Oceanhorn adalah dungeon yang sengaja dirancang oleh sang developer agar tidak linear. Artinya untuk menyelesaikan satu dungeon kamu perlu bolak balik, yah cukup seru tentunya untuk game RPG mobile.

Terakhir kami wajib menyampaikan hal ini, yakni dimana sang pembuat game menurut kami telah sukses mengedepankan aspek audiovisual. Detil yang cukup baik, tentu untuk ukuran game mobile, ditambah kualitas musik dan suara yang ciamik membuat Oceanhorn wajib kamu coba mainkan setidaknya sekali saja seumur hidupmu!


10. Portal Knights

Portal Knights

Bertemakan sandbox action RPG, Portal Knights sukses merebut hati banyak orang. Game yang dirilis di PC dan konsol ini memang sekilas akan mengingatkanmu dengan desain dari game Minecraft. Yang berbeda hanyalah disini terdapat beberapa classes karakter dan tentu pertarungan serta banyak quest dan events.

Di awal-awal permainan kamu akan diharuskan untuk memilih class dari karakter yang kamu gunakan. Kamu bisa memilih mulai dari warrior, ranger, hingga memilih untuk menjadi seorang mage.

Setelah itu layaknya beberapa game sanbox RPG kamu bisa memilih nama dan meng-kustomisasi karakter yang kamu punya. Barulah kamu akan diarahkan ke tutorial game, yang kira-kira sih sebenarnya bisa dipelajari sembari memainkan game.

Poin penting dari Portal Knights adalah luasnya dunia yang ada di dalam game, banyaknya NPC yang bisakamu temui, serta jumlah makhluk-makhluk dan environments unik yang menurut kami tergolong bervariasi.

Pertarungan yang kamu mainkan pun nantinya akan berbasis action based, dengan kontrol yang menurut kami sudah pas. Hanya saja memang terkadang view camera sedikit laggy yang bisa menganggu permainan terutama ketika sedang bertarung.

Salah satu poin lainnya yang harus kami jelaskan kepada kamu adalah game ini menurut kami membutuhkan spek ponsel yang cukup baik. Tanpa spek yang baik percayalah, proses loading dan booting akan menjadi sangat lama dan menyita waktu.


11. Postknight

Postknight

Berbeda dengan beberapa game RPG yang kami ulas sebelumnya yang kebanyakan memiliki tampilan grafis 3D, Postknight justru dengan percaya dirinya tampil sebagai salah satu game RPG di android dengan tampilan grafis cartoon-styled visuals. Tentu saja hal ini menjadi unik dan membuat kami penasaran.

Selain itu jalan cerita yang “tidak biasa” dimana kamu merupakan seorang pengantar surat di dunia Postknight, memang membuat banyak orang skeptis. Apakah jalan ceritanya bisa semenarik game RPG lainnya?

Lebih menariknya lagi ketika kamu sedang sibuk mengantar surat entah mengapa akan banyak hadangan dari monster-monster slime yang akan mengganggu pekerjaanmu. Belum lagi hujan dan kondisi lainnya yang menghambat.

Alih-alih mengadopsi banyak game RPG yang kompleks, penuh kustomisasi dan pengembangan karakter, Postknight justru memilih untuk menjadi game yang boleh dibilang seolah-olah “semi” RPG.

Postknight memungkinkan para pemainnya melakukan kustomisasi sederhana serta menambah skill points sambil berpetualang. Intinya sih game ini cocok bagi kamu yang ingin merasakan pengalaman RPG namun secara kasual dan santai. 9/10!

Baca juga: Rekomendasi Game Horor Android Terbaik


12. Chrono Trigger

Chrono Trigger

Siapa lagi kalau bukan Square Enix yang sukses membuat salah satu game RPG terbaik, bahkan digadang-gadang sepanjang masa. Melalui Chrono Trigger, Square Enix sukses mendulang pundi-pundi yang terbilang luar biasa besar.

Sempat dianggap sebagai medioker ketika pertama kali mengeluarkannya di Android tahun 2012, Square Enix buru-buru mengevaluasi dan memperbarui game ini di tahun 2014 dan sukses membayarkannya secara tunai.

Meski tidak 100%, dikatakan game ini sukses membayar kerinduang ‘babang-babang’ yang dulu pernah memainkan ini di konsol Nintendo. Dari segi permainan sendiri jangan ditanya, game ini amat layak untuk kamu mainkan.

Mulai dari kontrol, kualitas suara, serta jalan cerita yang disajikan menurut kami membuat game ini memang layak dinobatkan sebagai salah satu game RPG terbaik sepanjang masa. Bahkan banyak pembaruan yang membuat game ini sempurna.

Sebut saja optimisasi yang dilakukan Square Enix sehingga kontrol tampak sempurna, dengan adaptasi tanpa cacat, dan harga yang jauh lebih murah dibandingkan saat pertama kali Chrono Trigger dulu diluncurkan. Wah-wah tidak perlu panjang lebar lagi deh, sebaiknya kamu coba sendiri saja permainan ini!

The post 12 Game RPG Android yang Harus Kamu Mainkan! appeared first on RuangLaptop.